Culinary Awards 2019 - PT. Jawa Pos Koran

Ratusan Tenant Sajikan 5.000-an Menu di Kepo FoodFiesta with Jawa Pos  

12-10-2019 20:36

Penghobi kuliner benar-benar menikmati surga dunia pada 11–13 Oktober 2019. Selama tiga hari, Kepo FoodFiesta with Jawa Pos memboyong lebih dari 180 tenant ke Exhibition Hall Lantai 6 Galaxy Mall, Surabaya. Warga Surabaya dan sekitarnya bisa mencicipi 5.000-an menu yang disajikan para peserta festival kuliner tahunan itu.

Kepo FoodFiesta with Jawa Pos yang merupakan bagian dari rangkaian Mandiri Jawa Pos Culinary Awards 2019 itu terselenggara berkat dukungan Bank Mandiri, Kepo Market, Honda Surabaya Center (HSC), Singapore Tourism Board (STB), dan Pertamina. Juga Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) DPD Jawa Timur.

Regional CEO Bank Mandiri VIII/Jawa 3 R. Erwan Djoko Hermawan yang hadir saat pembukaan pada Jumat (11/10) menyatakan optimismenya jika jumlah pengunjung bakal bertambah setiap hari. Sebab, bermacam-macam menu, mulai tradisional, Western, hingga Chinese food, bisa dicicipi di satu venue.

”Bahkan, ada berbagai kuliner dari Singapura. Kita bisa berburu kuliner lezat dan menambah pengetahuan tentang jenis makanan lokal hingga internasional,” ujarnya.

Area Director Indonesia (Surabaya) Singapore Tourism Board Jolene Goh menuturkan, di Kota Pahlawan, makanan bukan hanya untuk memenuhi perut, tapi juga hiburan. ”Di Singapura, makanan menjadi sebuah passion. Adanya perpaduan ini (Kepo FoodFiesta with Jawa Pos) bakal makin menjadi angin segar bagi pencinta kuliner untuk menambah pengetahuan,” tuturnya.

Singapore Tourism Board memperkenalkan berbagai produk kuliner dari Negeri Singa di Kepo FoodFiesta with Jawa Pos. Sebut saja, Aroma Truffle & Co dan 1SGD Ice Cream Orchard Singapore.

Business Manager PT Jawa Pos Koran Yuni Tan berharap Kepo FoodFiesta with Jawa Pos bisa membantu mengembangkan bisnis kuliner di Surabaya dan sekitarnya. ”Kami berharap acara ini bisa jadi ajang promosi bagi seluruh pengusaha kuliner,” ungkapnya.

Dengan adanya Kepo FoodFiesta with Jawa Pos, kuliner Surabaya jadi semakin dikenal hingga ke daerah lain. ”Event ini didukung sponsor-sponsor besar. Animo masyarakat akan di-handle lewat penyediaan menu beragam dan promo menarik,” papar Ketua Apkrindo DPD Jatim Tjahjono Haryono.

Atmosfer Ala Singapura di Venue  

Begitu memasuki venue Kepo FoodFiesta with Jawa Pos, pengunjung langsung disambut atmosfer ala negara tetangga, yaitu Singapura. Gate yang full color dihias dengan ikon Singapura, patung Merlion. Replika Haji Lane, Chinatown, Orchard Road, bahkan Gardens by The Bay dihadirkan di Exhibition Hall Lantai 6 Galaxy Mall.

Owner Kepo Market Michael Putra Bani mengatakan, nuansa itu dihadirkan untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung. ”Banyak spot yang Instagrammable,” kata Michael.    

Transaksi dengan Kartu Mandiri, Dapat e-Voucher dan Cash Back

Bank Mandiri menyiapkan promo untuk pengunjung Kepo FoodFiesta with Jawa Pos. Bonus e-voucher Rp 50 ribu diberikan untuk transaksi minimal Rp 500 ribu dengan kartu Bank Mandiri.

Pengguna aplikasi LinkAja mendapatkan cash back 20 persen jika bertransaksi minimal Rp 10 ribu. Cash back yang sama diberikan untuk pengguna kartu kredit Bank Mandiri yang bertransaksi minimal Rp 200 ribu. Voucher potongan Rp 10 ribu bakal didapat nasabah yang datang ke booth Bank Mandiri dan menukar 100 Fiestapoin.

Gratis 1.000 Es Krim Tiap Hari, Diramaikan Influencer

Setiap hari ada 1.000 es krim Espessia Es Potong yang dibagikan gratis oleh Indo Ice Cream di booth Indofood. ”Penawaran ini cuma ada selama acara,” kata Supervisor Indofood Area Surabaya Heri Susilo.

Tak hanya bisa icip-icip menu-menu yang tersedia, pengunjung bisa mengikuti berbagai acara setiap hari selama acara. Di antaranya, live show, band, kompetisi, talk show, dan demo masak.  

Baby Smile School Cabang Rungkut mendemonstrasikan proses belajar mengajar di kelas. Pertunjukan itu menarik perhatian para pengunjung cilik. Kemudian, mereka diajak untuk story telling dan menempel bunga pada kertas.

Panggung Kepo FoodFiesta with Jawa Pos juga diisi I am Music School. Beberapa siswanya membawakan lagu-lagu hit. Magic Show juga membuat suasana makin meriah lewat atraksi sulapnya.

Dalam sesi talk show, YouTuber Rius Vernandes berbagi cerita tentang miles point yang biasa diberikan maskapai penerbangan. Menurutnya, miles tak hanya didapat dengan naik pesawat. ”Banyak cara mendapatkannya. Maskapai banyak bekerja sama dengan yang di darat. Misalnya, kartu kredit Bank Mandiri juga bekerja sama dengan beberapa maskapai,” ceritanya.  

Chef Vivian Junita yang diboyong Cheers mengedukasi pengunjung seputar tip sehat dalam memasak. Kata Vivian, asupan alkalin mutlak diperlukan tubuh dan bisa didapatkan dalam Cheers Alkaline Powered.

Hari pertama Kepo FoodFiesta with Jawa Pos ditutup dengan talk show yang dibawakan pemilik Aroma Truffle & Co Jonathan Chan dan Kayson Chan. Bersama Kenny Chan, keduanya membangun usaha potato chips tersebut.

”Jatuh bangun dalam usaha itu normal. Terpenting adalah bagaimana kita bisa bangkit dan memberikan yang terbaik. Potato chips dari Aroma Truffle & Co bukan sekadar snack, tapi juga hasil kerja keras, passion, dan kualitas premium,” papar Jonathan.

Dunia kuliner tidak dapat dipisahkan oleh para food influencer di media sosial. Maka, tak heran apabila Kepo FoodFiesta with Jawa Pos diramaikan dengan kedatangan para food influencer ternama di Surbaya seperti Vicky Yuwono dan Amanda Kohar.

”Dari tahun-tahun sebelumnya, acara ini selalu ramai. Semoga ke depan makin ramai dan para influencer juga diundang, ” ujar Amanda.

Berita lain cek di SINI. Foto-foto lain klik di SINI.

 

Naskah: Ari Setiyaningrum/Jawa Pos, Liem Yosia

Foto: Andriansyah Poetra/Jawa Pos

Editor: Maharani Wanodya

PRESENTED BY
SUPPORTED BY